Ketik Aja Disini

Membaca Cepat untuk Menemukan Ide Pokok Bacaan


Hal yang dituntut dalam membaca cepat adalah kita tidak boleh mengabaikan pemahaman atas teks yang kita baca. Kecepatan dalam membaca hampir selalu dikaitkan dengan apa tujuan kita membaca, apa keperluan kita membaca, dan bahan apa yang kita baca. Pengukuran kecepatan membaca dilakukan dengan menghitung seberapa banyak kata yang mampu kita baca setiap menitnya.

Seberapa cepatkah kemampuan kamu membaca ?

Berikut ini hal-hal yang mesti kamu perhatikan untuk bisa menguasai teknik membaca cepat yang tepat :

1.       Minat atau dengan kata lain : Motivasi
Motivasi kita bisa dimunculkan dengan memiliki sikap ilmiah yaitu adanya rasa penasaran atau ingin tahu akan sesuatu. Maka dengan adanya rasa ingin tahu kamu yang tinggi, kamu harus semakin banyak melakukan kegiatan membaca.

2.       Penguasaan kosakata
Dengan memiliki banyak pembendaharaan kata yang kamu miliki, maka akan semakin baik juga kamu memahami bacaan yang kamu baca.

3.       Kemampuan dalam menemukan ide pokok suatu bacaan
Kemampuan kamu di dalam menemukan ide pokok membuat kamu bisa dengan cepat dan tepat menemui bagian yang mana yang tidak perlu atau bisa dilewatkan dari bacaan.

Saat melakukan kegiatan membaca, kamu harus mengusahakan untuk selalu konsentrasi pada bahan yang sedang kamu baca. Cobalah untuk mengingat isi bacaan yang kamu baca dengan baik.

5.       Gerakan mata
Saat kamu membaca, cukup hanya perlu melakukan gerakan mata, gerakan kepala tidak perlu dilakukan. Dengan hanya melakukan gerakan mata saja, maka kamu akan mampu membaca lebih efektif dan efisien. Jadi jika kamu ingin mempunyai kemampuan cepat dalam membaca, kamu harus melatih kecepatan gerakan mata kamu.

Ini beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk mengukur kecepatan kamu dalam membaca :

a.       Persiapkan jam tangan, atau bisa diganti dengan stopwatch
b.      Baca teks yang kamu inginkan dalam satu menit (60 detik)
c.    Tandai teks pertama saat kamu mulai membaca (hal ini akan lebih gampang dilakukan jika diawali mulai dari judul bacaan)
d.      Baca teks bacaan kamu dengan kecepatan yang kira-kira menurutmu memadai
e.      Saat waktu satu menit berakhir, tandai akhir kata yang berhasil kamu baca
f.        Hitunglah total semua kata dalam teks yang kamu baca (tanda baca juga ikut serta dihitung)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membaca Cepat untuk Menemukan Ide Pokok Bacaan"

Poskan Komentar