Ketik Aja Disini

TOEFL – READING COMPREHENSION



Sesi reading merupakan sesi terlama dalam TOEFL, 45 menit dengan 60 pertanyaan. Jangan dilupakan bahwa dalam penilaian akhir TOEFL, reading comprehension memiliki kedudukan yang sama dengan kedua sesi yang lainnya.

Mengingat 60 pertanyaan yang dikerjakan dalam waktu 45 menit, waktu menjadi faktor yang sangat penting. Kamu hanya mempunyai 45 detik untu setiap pertanyaan. Itu artinya kamu tidak boleh bersantai-santai dalam membaca bacaan yang ditampilkan.

Jangan membaca bacaan dari awal sampai akhir. Gunakanlah strategi membaca yang merupakan kombinasi menyaring dan mengamati untuk mencari jawaban tanpa perlu membaca keseluruhan bacaan dan hanya mengandalkan ingatan terhadap hal yang telah kamu baca.

Menyaring : membaca bagian bacaan dengan cepat untuk mencari topik dan gagasan utama bacaan.

Mengamati : mencari kata kunci pertanyaan dari bacaab dalam rangka menemukan jawaban.

Topik bacaan TOEFL sangat banyak ragamnya, tetapi semuanya berasal dari bidang ilmu pengetahuan tertentu yang mungkin diulang pada tes yang berbeda, tetapi bacaan itu sendiri tentunya tidak pernah diulang. Subjek bisa sekitar negara Amerika ataupun tema internasional. Sebagian besar topik berhubungan dengan bidang akademis dan ilmu pengetahuan umum, serta mirip dengan bacaan dalam buku teks, majalah, atau jurnal akademis. Topik bisa berupa sejarah, geografi, iptek, medis, psikologi, filosofi, pendidikan, bisnis, dan literatur. Topik internasional seperti isu lingkungan, penyalahgunaan obat-obatan, problematika negara berkembang, dan sebagainya. 

Kamu tidak akan di tes tentang pengetahuan , tetapi hanya pemahaman kita terhadap bacaan. Meskipun begitu, pengetahuan tentang subjek yang dibicarakan akan membantu kita. Jika kita lebih akrab dengan kosa kata yang digunakan, kita akan lebih mudah memahami gagasan yang diutarakan.
Kamu harus menjawab pertanyaan dengan landasan pada apa yang dinyatakan dalam bacaan, bukan atas dasar pengetahuan yang kamu miliki. Jangan sampai opini kamu mempengaruhi jawaban yang sebenarnya tidak tercantum dalam bacaan. Kamu harus menjawab sesuai dengan apa yang pengarang tulis, walaupun mungkin kamu tidak setuju dengannya.

Pertanyaannya antara lain :

ü  What is the topic / main idea of the passage ?
ü  What would be the most suitable title for the passage ?
ü  Who might the passage be written for ?
ü  What is the purpose of the passage ?
ü  According to the passage who/what/where/when/why/how... ?
ü  According to the author who/what/where/when/why/how... ?
ü  According to the author, which of the following is NOT ...
ü  The author infers that ...
ü  In line 16, the word ‘them’ refers to ...
ü  In line 12, the word ‘xxxx’ is closet in meaning to which of the following ?
ü  Which of the following best describe the author’s attitude towards ...?
ü  What is the tone of the passage?
ü  Which of the following is most probably the subject of the paragraph following statements is best supported by the passage ?

Strategi pertanyaan topic-type

1.      Lihat pertanyaan pertama. Lihat apakah menanyakan topik, gagasan utama, judul, atau maksud bacaan.
2.      Saring kalimat pertama bacaan atau paragraf pertama jika ada banyak paragraf, untuk menemukan kata kunci guna menentukan topik atau bagaimana cara pengarang mengendalikan topik.
3.      Kamu mungkin perlu menyaring kalimat pertama setiap paragraf untuk menemukan gagasan utama. Langkah ini juga sekaligus konfirmasi terhadap topik atau judul yang telah kamu pilih
4.      Jika kamu masih belum yakin, periksa pada kesimpulan di akhir bacaan. Hal ini juga merupakan cara untuk menentukan sikap pengarang.
5.      Ketika kamu melihat pilihan jawaban, ingat bahwa dalam sesi ini sinonim jarang digunakan. Jadi kamu perlu lebih memperhatikan kata yang sama walaupun berada dalam susunan kalimat yang berbeda.
6.      Cari pilihan jawaban yang benar dan jawab pertanyaan tersebut.
7.      Kemudian lihat pertanyaan selanjutnya.

Strategi pertanyaan fakta, kesimpulan, referensi, dan pertanyaan lain
1.      Pelajari pertanyaan dengan cepat, sekali saja untuk setiap pertanyaan
2.      Lihat kata kunci, kata yang paling penting dalam pertanyaan
3.      Cari kata kunci dalam bacaan. Amati bacaan dengan cermat, jangan baca semuanya. Dalam hal ini kamu harus mencari adanya kata kunci atau hal yang berhubungan dengannya dari baris ke baris
4.      Ketika kamu telah menemukannya dalam bacaan, periksa informasi dalam pilihan jawaban. Kamu lihat kata yang sama atau sinonimnya. Jika kamu tidak menemukan jawaban pada kalimat yang sama, lihat kalimat yang mendahuluinya. Jika perlu, lihat juga kalimat setelah kalimat yang ada kata kunci tersebut. Kembali amati kata kunci dalam jawaban.
5.      Jika pertanyaannya adalah pertanyaan kesimpulan, kamu harus mencari gagasannya, bukan kata yang sama.
6.      Ketika kamu menemukan jawaban terbaik, segera gunakan sebagai jawaban kamu
7.      Kemudian lihat pilihan jawaban selanjutnya dan ulangi strategi ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "TOEFL – READING COMPREHENSION"

Poskan Komentar