Ketik Aja Disini

CONTOH SOAL TOEFL ( LISTENING COMPREHENSION)


Pada sesi ini kamu punya kesempatan untuk mendemonstrasikan kemampuan kamu dalam memahami percakapan dan ceramah dalam Bahasa Inggris pada sesi listening comprehension. Ada tiga bagian untuk sesi ini dan masing-masing memiliki petunjuk cara mengerjakannya tersendiri. Jawablah semua pertanyaan, karena jawaban yang salah tidak akan mengurangi penilaian kamu. Kamu dilarang membuat catatan atau coretan pada lembar soal tes.


A.     Percakapan pendek
Pada bagian ini kamu akan mendengar percakapan pendek antara dua orang (pria dan wanita). Setelah itu kamu akan mendengar orang ketiga (pria lain) yang menanyakan tentang apa yang telah dibicarakan. Kamu hanya perlu mendengarkan dengan baik percakapan ataupun pertanyaannya sekali saja. Setelah itu kamu harus menjawab pertanyaan tersebut pada lembar jawaban kamu dengan cara menghitamkan salah satu pilihan jawaban. INGATLAH nomor jawaban kamu harus sesuai dengan nomor soal yang ditanyakan.

Kamu akan mendengar :
Woman            : Shall I turn off the light now?
Man                 : But I haven’t finished writing this paper!
Lalu kamu akan mendengar pertanyaan :
What does the man imply?

Kamu akan membaca pilihan jawaban yang ada :
(a)    He has just finished writing his paper
(b)   He is still reading the paper
(c)    He wants the woman to turn off the light
(d)   The woman should leave the light on

Jawaban yang paling tepat adalah (D).
Penjelasannya yaitu :
=> dapat kita ketahui dari percakapan tersebut bahwa pria tersebut belum menyelesaikan penulisan makalahnya, artinya dia masih memerlukan cahaya. Jadi jawaban terbaik untuk pertanyaan What does the man imply? Adalah (D) The woman should leave the light on.

B.     Percakapan Panjang
Pada bagian ini kamu akan mendengar percakapan panjang. Setelah percakapan selesai kamu akan mendapat beberapa pertanyaan. Baik percakapan maupun pertanyaan hanya dibaca sekali saja dan tidak ada pengulangan. Setelah itu kamu harus menjawab pertanyaan tersebut pada lembar jawaban kamu. Dan INGATLAH nomor jawaban kamu harus sesuai dengan nomor soal yang ditanyakan.

Kamu akan mendengar :
Man                 : I’m feeling kind of hungry.
Woman            : Me, too. Let’s go to eat.
Man                 : But the cafetaria’s closed.
Woman            : Not the one in the library.
Man                 : Does it have any food?
Woman            : Of course. Sandwiches, salads, even pizza.
Man                 : All right! What are we waiting for?
Lalu kamu akan mendengar pertanyaan :
What are the man and woman probably going to do next?

Kamu akan membaca pilihan jawaban yang ada :
(A)  Study at the library
(B)  Eat at the cafetaria
(C)  Eat at the library cafetaria
(D)  Wait until the cafetaria opens

Jawaban yang paling tepat adalah (C)
Penjelasannya yaitu :
=> Si pria mengatakan bahwa kafetaria tutup tetapi si wanita mengatakan bahwa kafetaria yang di perpustakaan buka. Si pria dengan bersemangat mengatakan kalau begitu apalagi yang ditunggu. Sehingga yang mereka lakukan selanjutnya adalah (C) Eat at the library cafetaria.

Pada bagian ini kamu akan mendengarkan beberapa ceramah dalam Bahasa Inggris. Setelah ceramah berakhir akan diikuti beberapa pertanyaan yang hanya dibaca sekali saja. Setelah itu kamu harus menjawab pertanyaan tersebut pada lembar jawaban.

Kamu akan mendengar :
Do you think drug abuse is only a modern problem? Most people do. But in fact the contrary is true. Human beings have abused drugs for thousand of years. It is important for young people like you still in college to really understand that drug abuse is not some new fashion, but as old as medicine itself, and therefore not to be taken lightly. Drug abuse is legally defined as the consumption of a controlled drug without medical authorization. But it also covers any other substance used for unnatural, usually negative purpose. Society has always fought against drug abuse, first by customs and social pressure and later by laws. Until the mid-1800s very few American abused drugs. However, the sufferings of The Civil War set off the trend of growing drug dependency. This growth was also due to a great growth in the population. In fact a wide range of factors is to blame, most of which are economic, social or emotional. The late 1960s and early 70s with its increasing problems arising from The Vietnam War and the race issue saw a very rapid rise in the amount of drug abuse. Today the increase has slowed down, but the problem is still very much there.

Lalu berikut ini pertanyaan yang diberikan :
1.        Who are probably the audience for this talk?
(a)    High school students
(b)   University students
(c)    Medical students
(d)   College teacher
Jawaban yang paling tepat : (B)
=> Si pembicara mengatakan bahwa penting untuk orang seperti kalian dan kemudian dia mendefenisikan siapa kalian itu, yaitu orang yang masih kuliah. Jadi dapat kita duga mereka adalah pelajar yang sedang kuliah yang biasanya mengacu pada universitas.
Kata kunci : important to people like you, still in college

2.      According to the speaker, how long have drugs been abused?
(a)    Not that long
(b)   For hundreds of years
(c)    Since people began to use medicine
(d)   Always
Jawaban yang paling tepat : (C)
=> Si pembicara mengatakan bahwa penyalahgunaan obat bukan merupakan kebiasaan baru tetapi setua sejarah pengobatan itu sendiri. Yang berarti bahwa penyalahgunaan obat dimulai ketika orang telah menggunakan obat. Era ini bukan hanya ratusan tetapi ribuan tahun yang lalu.
Kata kunci : as old medicine, thousands of years

3.      When did Americans begin abusing drugs more?
(a)    After the Civil War
(b)   Before the mid-1800s
(c)    At the end of the 1800s
(d)   In the 1980s
Jawaban yang paling tepat : (A)
=> Ketika nama tertentu atau tanggal disebut dalam ceramah, kamu harus memperhatikannya secara khusus. Dalam ceramah di atas sebenarnya disebutkan dua kelompok tanggal dan nama berbeda. Keduanya berhubungan dengan meningkatnya penyalahgunaan obat diAmerika Serikat. Kelompok pertama akhir 60-an, awal 70an dan Perang Vietnam. Kelompok lain adalah di pertengahan tahun 1800-an dan Civil War. Di sini ada sedikit penyalahgunaan obat, sangat sedikit orang Amerika menyalahgunakan obat sebelum pertengahan tahun 1800-an. Penyalahgunaan obat dimulai sewaktu terjadi perang saudara di Amerika. Jadi, setelah perang saudara merupakan jawaban yang benar.
Kata kunci : set off, growing drug dependency

4.      Which factors do we assume from the talk are not causes of the growth of drug abuse?
(a)    Political
(b)   Population
(c)    Economic
(d)   Emotional
Jawaban yang paling tepat : (A)
=> C dan D disebutkan bersama dengan faktor sosial di akhir bacaan, dan populasi disebutkan sebagai faktor kecil di awal, sebagai akibat pertumbuhan populasi yang besar. Isu ras juga disebutkan tetapi hal ini lebih luas dari sekedar faktor politik. Jadi jawaban A merupakan satu-satunya yang tidak disebut dalam ceramah.
Kata kunci : due to, factors are to blame


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "CONTOH SOAL TOEFL ( LISTENING COMPREHENSION)"

Poskan Komentar