Ketik Aja Disini

Apa sih TOEFL itu ?


Bahasa Inggris semakin lama kian penting, terutama bagi kamu yang sudah menginjak pendidikan di perguruan tinggi. Pemahaman kamu dibutuhkan baik lisan maupun tulisan termasuk tata bahasanya. Salah satu perwujudan penguasaan kamu terhadap Bahasa Inggris adalah TOEFL. TOEFL merupakan tes yang diciptakan di Amerika yang menjadi standar penguasaan Bahasa Inggris bagi orang yang bahasa ibunya bukan Bahasa Inggris. Saat ini sudah banyak sekali perguruan internasional serta perusahaan swasta atau pemerintah yang mensyaratkan score TOEFL tinggi sebagai salah satu passing grade-nya.


TOEFL mengetes beragam soal yang dibagi menjadi 3 sesi yaitu : sesi mendengarkan (listening comprehension), sesi memahami struktur kalimat dan ekspresi tertulis (structure and written expression), serta sesi memahami bacaan (reading comprehension). Soal di dalam TOEFL mempunyai ciri khas tersendiri yang akan menguji kemampuan kamu dalam berbahasa Inggris. TOEFL memiliki waktu pengerjaan yang relatif singkat, sekitar 10-20 detik untuk setiap soal mengharuskan kamu untuk menggunakan strategi tersendiri.

Tujuan TOEFL yaitu untuk mengevaluasi kecakapan penguasaan Bahasa Inggris seseorang yang bahasa aslinya bukan Bahasa Inggris, contohnya seperti orang Indonesia yang berbahasa Indonesia, orang Filipina berbahasa Tagalog, dan orang Malaysia berbahasa Melayu. TOEFL sering digunakan sebagai standar penguasaan Bahasa Inggris oleh berbagai universitas di Amerika. Dikarenakan TOEFL diciptakan di Amerika maka bahasa yang digunakan adalah Bahasa Inggris Amerika Utara (AS dan Kanada).

Hal utama yang harus kamu ketahui adalah TOEFL memiliki 3 sesi dengan 6 jenis format pertanyaan :

1)      Listening Comprehension
Sesi ini untuk mengukur kemampuan kamu dalam memahami Bahasa Inggris yang diucapkan sebagai Inggris Amerika. Pertanyaan dalam sesi ini memiliki 3 format pertanyaan yang terdiri dari pertanyaan percakapan pendek, pertanyaan percakapan panjang, dan pertanyaan ceramah.

2)      Structure and Written Expression
Sesi ini untuk mengukur kemampuan kamu dalam mengenal Bahasa Inggris dan bagaimana standar penulisannya baik dari sisi grammar maupun ekspresi tertulisnya. Format pertanyaan dalam sesi ini ada 2 yaitu pertanyaan struktur dan pertanyaan ekspresi tertulis.

3)      ReadingComprehension
Sesi ini untuk mengukur kemampuan memahami bacaan dan juga penguasaan kosakata.

Di bawah ini beberapa perlengkapan yang mesti kamu bawa sebagai persiapan tes TOEFL :

Kartu ini sudah harus kita isi dengan lengkap secara keseluruhan sebelum kamu mengerjakan TOEFL.

b)      Dokumen identitas
Jika kamu mengerjakan tes TOEFL ini di luar negeri, kamu harus menunjukkan paspor yang berisi foto dan tanda tangan kamu. Kartu identitas lain seperti KTP atau SIM lokal tidak diterima.

c)      Pensil dan penghapus
Bawalah beberapa pensil 2B yang sudah ditajamkan serta penghapus yang mempunyai mutu tinggi.

d)      Jam
Dikarenakan TOEFL hanya menyediakan sedikit waktu untuk pertanyaan dalam jumlah yang banyak, maka kita sebaiknya perlu membawa jam untuk memperlancar strategi kita dalam mengerjakan tes.

Dan ini beberapa hal yang tidak boleh kamu lakukan karena akan membuat penyelenggara membatalkan tes kamu antara lain :
 
-          Menyontek, baik dari catatan yang kamu bawa ataupun pekerjaan peserta lainnya
-          Memberi bantuan jawaban kepada peserta lain
-          Gagal mengikuti instruksi tes yang diberikan
-          Mengerjakan sesi tes tidak pada waktu yang telah ditentukan
-          Membuat catatan atau coretan di lembar soal ataupun lembar jawaban
-          Membuat kegaduhan atau keributan
-          Berbuat curang dengan cara apapun.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apa sih TOEFL itu ?"

Poskan Komentar