Ketik Aja Disini

Sejarah Negara yang menggunakan Mata Uang Euro

Tentang Mata Uang Euro
Mata Uang Euro adalah mata uang resmi yang digunakan oleh masyarakat Uni Eropa. Penggunaan mata uang Euro sebenarnya telah digunakan sejak Perang Dunia II ketika hubungan ekonomi antar negara mampu menciptakan pertumbuhan yang cukup signifikan.
Apakah tujuan dibuatnya mata uang tunggal?
1. Adanya mata uang tunggal tentu memungkinkan transaksi pembayaran jadi lebih mudah untuk konsumen dan
2. Membantu para pelaku bisnis agar terhindar dari kerugian yang berhubungan dengan nilai tukar.

Sejarah Penggunaan Mata Uang Euro
- Pada tahun 1951, Negara Eropa diantaranya : Perancis, Belgia, Italia Jerman Barat, Luxemburg, dan Belanda sama sama mendatangi Traktar Paris untuk membentuk komunitas Baja dan Batubara.

- Pada tahun 1957, beberapa negara yang mirip ikut memberi tanda-tangan dalam Perjanjian Roma dan juga menciptakan Komunitas Ekonomi Eropa.

- Pada tahun 1979, sistem Moneter Eropa mulai diberlakukan. 
Tujuannya yaitu untuk menstabilkan nilai tukar dan menjaga inflasi.

- Kemudian pada tahun 1986, enam negara yang tergabung dalam Komunitas Ekonomi Eropa menyetujui Undang – Undang Eropa yang akan melanjutkan kerja sama dalam bidang politik dan moneter.

- Pada tahun 1992 ditandatangani lah Perjanjian Maastrict yang memunculkan kebijakan tentang kebijakan ekonomi bersama dan kebijakan nilai tukar.

- Pada tahun 1993,  Jerman terpilih menjadi tempat untuk Institut Moneter Eropa. Pertemuan pertama Institut Moneter Eropa berlangsung pada tahun 1994.

- Akhirnya pada tahun 1995, mata uang Euro disepakati sebagai mata uang tunggal di Eropa. Tenggang waktu diberikan sampai tahun 1999 untuk mengkonfirmasi persetujuan Euro untuk menjadi mata uang tunggal.

Bank Sentral Eropa kemudian didirikan pada tahun 1998. Sebelas negara yang bergabung Komunitas Uni Eropa dan negara – negara tersebut resmi menggunakan mata uang Euro sebagai mata uang tunggal sehingga pada tahun 1999, saham dan nilai tukar mulai diperdagangkan dalam Euro.

- Pada tahun 2000, Euro sempat mengalami gejolak.  Euro kehilangan 30% nilainya terhadap dolar. Masalah ini kemudian diambilalih oleh Bank Sentral Eropa. 

- Pada tahun 2001, tagihan Euro dan juga koin Euro yang pertama didistribusikan di Yunani. Mata uang lama pun akhirnya masuk perlahan – lahan ke dalam sirkulasi Euro. Setelah itu, semakin banyak negara – negara yang bergabung dalam Uni Eropa dan menggunakan mata uang Euro.

Negara mana sajakah yang menggunakan mata uang Euro :
  1.  Jerman
  2.  Irlandia
  3.  Belanda
  4.  Perancis
  5.  Luksemburg
  6.  Austria
  7.  Finlandia
  8.  Belgia
  9.  Italia
  10.  Portugal
  11.  Spanyol
  12.  Yunani
  13.  Slovenia
  14.  Siprus
  15.  Malta
  16.  Slowakia
  17.  Estonia
  18.  Latvia
  19.  Andorra
  20.  Monako
  21.  San Marino
  22.  Vatikan
Kabar terbaru mulai 1 Januari 2015 Lithuania akan menggunakan mata uang Euro.



Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sejarah Negara yang menggunakan Mata Uang Euro"

Poskan Komentar