Ketik Aja Disini

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

Di era teknologi yang berkembang dengan pesat seperti saat ini, tidak ada seorangpun yang tidak menginginkan bisa berbahasa Inggris secara mahir, minimal pasif. Keterampilan untuk bisa berkomunikasi dalam Bahasa Inggris seakan sudah menjadi tuntutan kebutuhan primer di dunia globalisasi. Dengan memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, setidaknya kita sudah lebih dekat selangkah dengan perkembangan dunia yang pesat. Menguasai Bahasa Inggris akan membuat keinginan kita untuk menggapai globalisasi kian mudah, contohnya mungkin Anda ingin memperoleh kesempatan kerja yang jauh lebih baik di perusahaan multiinternasional, melanjutkan studi di luar negeri, dan lain sebagainya.

Lalu, apa yang harus kita lakukan kalau ternyata kita sama sekali tidak memiliki kemampuan berbahasa Inggris? Berikut ini ada beberapa cara ataupun tips yang bisa penulis bagikan agar kita semua bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. Hal terpenting yang harus diingat dalam belajar Bahasa Inggris yaitu kita harus kerja keras, sungguh-sungguh, konsisten, dan memiliki tekad yang bulat serta keyakinan bahwa Anda bisa sukses dalam belajar Bahasa Inggris. 

Inilah beberapa tips yang bisa dijadikan pedoman dalam belajar Bahasa Inggris :

1.       Fokus pada Text Book English bukanlah cara yang tepat dalam mempelajari Bahasa Inggris. Hampir semua dari kita sudah mempelajari Bahasa Inggris sejak bangku SD (sekarang anak TK bahkan sudah belajar Bahasa Inggris juga) hingga bangku kuliah. Belasan tahun sudah dihabiskan untuk mempelajari Bahasa Inggris, tapi apakah skill berbahasa Anda meningkat cukup pesat dan signifikan hingga minimal level advance? Mungkin beberapa dari kita akan menjawab : Ya. Apakah yang menjawab ‘Ya’ ini juga disertai les atau kursus Bahasa Inggris di lembaga, dan bukan hanya di sekolah? Saya hampir yakin mereka akan menjawab ‘Ya’ juga. Pelajaran Bahasa Inggris dari sekolah hanya menekankan Text Book English sehingga hal inilah yang membuat pembelajaran menjadi tidak efektif. Percakapan yang digunakan di buku text hanyalah bahasa-bahasa baku yang tidak digunakan para native speaker dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kalau Anda menginginkan Spoken English, maka Anda harus berupaya untuk menonton ataupun mendengarkan acara dan siaran yang berbau Bahasa Inggris.

2.       Terlalu fokus pada grammar juga bukan cara yang jitu dalam belajar Bahasa Inggris. Memang kita akui secara umum bahwa grammar merupakan bagian yang sangat penting di dalam mempelajari Bahasa Inggris. Tanpa pemahaman grammar yang baik, hampir bisa dipastikan tata bahasa Anda dalam bahasa ini akan berantakan dan sulit dimengerti oleh orang lain. Akan tetapi, terlalu mengkhawatirkan grammar dalam berbahasa Inggris juga akan menghambat Anda dalam mengkomunikasikan English. Anda akan merasa ragu setiap kali akan mengutarakan sesuatu dalam Bahasa Inggris. Tips yang bisa Anda lakukan disini : Anda harus jeli dan pintar-pintar dalam memutuskan kapan harus mengikuti kaedah grammar ataupun tidak dalam berbahasa Inggris.

3.       Belajar bahasa Inggris bisa dilakukan dari mana saja, bahkan menonton pun bisa dijadikan sebagai alat belajar Bahasa Inggris. Menonton film atau drama yang menggunakan bahasa inggris (akan lebih baik jika text nya juga dalam Bahasa Inggris, bukan Bahasa Indonesia) akan sangat membantu kita dalam teknik pronounciation. Dengan sering melakukan teknik ini, Anda akan mampu menambah vocabulary, mengetahui pronounciation yang tepat, dan arti dari kata-kata yang diucapkan.

4.       Merekam suara sendiri saat mengucapkan kata dalam Bahasa Inggris. Hal ini bisa kita lakukan untuk mengetahui ketetapatan pelafalan atau pronounciation kita. Anda bisa mulai merekan beberapa kata atau kalimat dalam Bahasa Inggris, lalu Anda bisa membandingkan rekaman Anda dan diperhatikan dengan benar pengucapannya apakah telah sesuai dengan kaedah pronountiation yang benar.

5.       Manfaatkan semua hal yang berbau Bahasa Inggris di sekitar kita. Kita jangan hanya terpaku pada koran, text book, buku, ataupun artikel di dalam mempelajari Bahasa Inggris. Semua barang atau produk yang mengandung Bahasa Inggris di dalamnya bisa kita gunakan untuk menambah pemahaman dalam berbahasa Inggris.

6.       Kumpulkan kosa kata baru yang Anda temui seluruhnya. Setiap kali menemukan kata dalam Bahasa Inggris baik itu di buku, artikel, koran, internet, makanan, atau apapun, ingatlah untuk mencatatnya dalam notes saku Anda dan carilah artinya kemudian. Dengan melakukan hal ini, pembendaharaan kosa kata Anda akan meningkat dengan pesat.

7.       Melakukan sharing dengan teman yang juga sama-sama berlatih Bahasa Inggris. Dengan cara seperti ini kita akan bisa saling membantu untuk lebih memperdalam Bahasa Inggris melalui diskusi bersama (tentunya diusahakan diskusi juga dalam Bahasa Inggris). Jika kita mempunyai teman seperjuangan dalam mempelajari Bahasa Inggris, tentunya kita juga akan semakin bersemangat dalam belajar.

8.       Jika bisa, lakukanlah beberapa kegiatan dalam Bahasa Inggris. Misalnya seperti belajar menulis diary Anda ataupun catatan-catatan kecil harian dalam Bahasa Inggris. Hal ini akan melatih kemampuan menulis dalam Bahasa Inggris Anda. Menulis di dalam diary ataupun catatan kecil harian yang cukup privasi bagi Anda, maka Anda akan bebas berekspresi dan bereksperimen dalam berbahasa Inggris tanpa perlu takut dan minder. 

Itulah sebagian cara ataupun tips cara mudah belajar Bahasa Inggris yang bisa penulis berikan. Jika ada saran lain, silahkan ditambahkan di kolom comment ya...


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris"

Poskan Komentar