Ketik Aja Disini

Tips dan Teknik membaca cepat dan tepat

Membaca merupakan salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat. Dengan membaca kita dapat mengetahui dan mengerti banyak hal. Wawasan dan pengetahuan kita akan selalu up to date jika kita rajin membaca. Bahan bacaan juga bervariasi, mulai dari koran, majalah, komik, buku pelajaran, dan bahkan di zaman teknologi yang serba canggih ini, kita dapat dengan mudah membaca apapun pada smartphone kita.
Oleh karena itu, membaca dengan cepat (speed reading) dan tepat akan membantu kita menyerap informasi dengan lebih efektif dan efisien.











Berikut adalah beberapa tips dan teknik yang bisa diterapkan untuk mempercepat kecepatan membaca kita :

1. Konsentrasi
Dalam hal apapun, konsentrasi sangat penting dan dibutuhkan. Jika kita sedang membaca, tetapi pikiran kita sedang melayang untuk hal-hal yang lain, akan membuat kita kesulitan mencerna bahan bacaan. Untuk itu, fokuskan lah pikiran kepada materi yang sedang kita baca.

2.  Membaca kelompok kata bukan kata demi kata
Membaca kata demi kata secara keseluruhan adalah menghafal bukan membaca dengan seksama. Berlatihlah dengan membaca kalimat dengan melihat kelompok - kelompok kata. Sehingga, dalam satu kalimat yang panjang, dengan melihat sekilas saja, kita dapat langsung mengetahui intisari kalimat tersebut.

3. Jangan mengeluarkan suara
Membaca dengan hening lebih memungkinkan kita untuk berkonsentrasi. Akan tetapi, ada pula beberapa kasus dimana ia harus mengeluarkan suara ketika membaca agar lebih konsentrasi. Semua kembali kepada anda, yang terpenting kita dapat memahami bahan bacaan dengan baik.

4. Practice makes perfect
Yang terpenting adalah latihan, latihan, dan latihan. Dengan semakin sering membaca, secara tidak sadar anda akan terlatih dalam membaca cepat.
Anyway seberapa cepatkah anda membaca artikel ini?

Jangan lupa komen di bawah dan sebarkan ke teman-teman anda, jika anda punya tips yang lebih dahsyat lagi. Thank You


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips dan Teknik membaca cepat dan tepat"

Poskan Komentar