Ketik Aja Disini

Macam dan Cara Melakukan Start dalam Atletik

Bagaimanakah cara melakukan start dalam olahraga atletik? Berapa macam atau berapa jeniskah start dalam melakukan olahraga atletik?

Berikut adalah penjelasannya :
Start dalam atletik terdiri dari 3 macam yaitu :
1. Start jongkok  (crouching start) digunakan pada lari jarak pendek,
2. Start berdiri (standing start) di  gunakan pada lari jarak menengah, jarak jauh dan marathon.
3. Start melayang  (flying start) digunakan lari sambung atau estafet oleh pelari kedua dan pelari 

Pada kesempatan ini, kita akan membahas salah satu jenis start di atas, yaitu start jongkok beserta teknik melakukannya :
1. Teknik start jongkok mempunyai 3 macam posisi start yang dilakukan  pada block start, yaitu: 
a) Short startbunc start (start pendek)
Posisi start ini diukur 16 inci dari garis start sampai dengan block start  depan. Saat jongkok lutut kaki belakang berada di depan ujung kaki yang lain.  Apabila berdiri, ujung kaki belakang akan terletak kira-kira disamping tumit. Start  ini dapat menghasilkan kecepatan yang tinggi, tetapi bagi anak-anak start ini  kurang sesuai karena dengan posisi kaki yang berdekatan, peranan kedua tangan  akan terasa lebih berat, maka start pendek ini akan sesuai dipakai pada atlet yang  sudah terlatih. 

b) Medium start (start menengah) 
Posisi start ini diukur 21 inci dari garis start sampai dengan block start  depan, Saat berjongkok lutut kaki belakang kira-kira berada di samping lekukan  telapak kaki depan. Start ini juga biasa menghasilkan kecepatan yang tinggi. Pada  posisi ini atlet dapat mengeluarkan tenaga yang besar untuk melesat dari block  start, dengan kecepatan yang tinggi, sehingga posisi start ini banyak digunakan  oleh para atlet. 

c) Long start (start panjang) 
Posisi start ini diukur 21 inci dari garis start sampai block start depan,  dengan jarak 26 inci diantara block. Saat berjongkok lutut kaki belakang berada  disamping atau kira-kira segaris dengan tumit kaki depan atau letak lutut lebih  mundur lagi, kedua telapak kaki saling berjauhan. Start ini kurang  menguntungkan. Pelari yang berkaki panjang biasanya sesuai dalam memakai  start ini

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Macam dan Cara Melakukan Start dalam Atletik"

Poskan Komentar