Ketik Aja Disini

Sejarah olahraga renang di dunia

Sejarah olahraga renang di dunia 
Renang sudah dilakukan sejak adanya manusia itu sendiri. Sejarah renang dapat di temukan di berbagai belahan dunia. Di Yunani renang merupakan salah satu pokok terpenting dalam pendidikan keseluruhan. Bangsa romawi menganggap bahwa renang merupakan suatu faktor penting dalam pendidikan keprajuritan.  

Sejarah kolam renang pertama di dunia
Pada tahun 1800 di Jerman dan Australia dibuat kolam renang yang pertama kalinya sebagai tempat latihan renang para prajurit dan mulai saat itu renang dimasukan sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah-sekolah ketentaraan.  

Sejarah adanya gaya renang di dunia
Gaya renang yang pertama kali di temukan adalah daya meniru anjing yang menyeberang sungai maka gaya tersebut di namakan "dog style" atau gaya anjing, sedangkan gaya berikutnya adalah gaya yang menggunakan kaki seperti menggunting dan gerakan tangan keluar dari permukaan air gaya tersebut dikenal dengan nama gaya bebas yang pertama kali memperkenalkan adalah seorang perenang Inggris bernama Trudgeon

Inggris merupakan negara pertama yang mempunyai banyak kolam renang dan ada sekitar 300 perkumpulan renang sehingga olahraga renang dapat dikatakan berasal dari negara Inggris dan perenang yang terkenal pada waktu itu yaitu Frederik Cavell, yang juga penemu gaya dengan gerakan seperti harimau merangkak kemudian gaya tersebut dikenal dengan nama gaya Crawl yang berarti gaya merangkak. 

Pada tahun 1908 saat berlangsungnya olimpiade di London terbentuklah badan perserikatan renang international yang diberi nama Federation Internationale de Nation Amateur disingkat FINA. Mulai saat itulah olahraga renang berkembang sangat pesat dan selalu dilombakan pada Olimpiade-olimpiade dunia.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sejarah olahraga renang di dunia"

Poskan Komentar