Ketik Aja Disini

Macam dan Fungsi Vitamin dalam kehidupan

Vitamin  adalah senyawa organik tertentu yang merupakan salah satu jenis gizi yang diperlukan tubuh dalam jumlah sedikit ( kecil ) , namun berperan sangat vital. 
Fungsi utama dari vitamin adalah untuk pengatutan proses metabolisme tubuh agar berjalan lancar
Vitamin - vitamin kebanyakan tidak dapat disintesa oleh tubuh , walau ada beberapa vitamin yang dapat disintesa ( diproduksi ) di dalam tubuh , namun kecepatan pembentukannya sangat kecol ,sehingga jumlah vitamin yang terbentuk tidak dapat memenuhi jumlah vitamin yang dibutuhkan tubuh.Oleh karena itu tubuh harus tetap memperoleh asupan vitamin dari luar yaitu dari makanan yang dikonsumsi dalam kehidupan sehari - hari.

MACAM _ MACAM VITAMIN da
lam kehidupan

Vitamin dibagi menjadi 2 golongan besar :
1. Vitamin yang larut air yaitu Vitamin : B1 , B2 , B6 , B12 , dan C , Vitamin ini sifatnya sangat mudah cepat rusakapalagi kalu terken panas , mudah terbuang melalui air kencing ( urine).


2. Vitamin yang larut lemak yaitu : Vitamin A , D , E , K , vitamin ini sifatnya agak kuat tidak mudah rusak walau kena panas,akan terus terkumpul dalam tubuh ,lama kelamaan akan menimbulkan efek samping kurang baik bagi tubuh apabila mengkonsumsi nya terlalu berlebihan .


Manfaat, Sumber, serta akibat kekurangan dan kelebihan VITAMIN

Vitamin B1

Berperan penting untuk fungsi syaraf dan metabolisme karbohidrat.
Sumber Vitamin B1 diantaranya jenis biji- bijian seperti padi - padian , kacang - kacangan ,gandum jua dalam hati dan daging. Orang yang sedang mengalami stres akan sangat memboroskan vitamin B1, sehingga membuatnya kekurangan dalam tubuhnya kemudian membuatnya mengalami gangguan syaraf dan hidupnya merasa tidak nyaman.

Vitamin B2
Perannanya kurang disinggung dalam hal gizi, tapi jika kekurangan vitamin B2 akan mengalami penglihatan kabur dan radang pada sudut bibir
Sumber vitamin B2 diantaranya terdapat dalam ragi , kuning telur , hati

Vitamin B6
Peranannya bermanfaat bagi pembentukan sel darah merah dalam tubuh .
Suber vitamin B6 banyak terdapat pada daging , unggas , ikan , hati , adalah sumber yang bagus , selain itu ada juga terdapat dalam biji- nijian seperti beras , jagung, gandum , umbi jalar , kentang dan sayuran . Sayang dalam jenis ini banyak yang jadi hilang .Contohnya beras banyak sekali kehilang vitam B6 saat proses penggilingan gabahnya , sayuran akan kehilangan saat pencucian setelah sayuran itu di potong - potong dan saat pemasakan
Kekurangan vitamin B6 akan menyebabkan anemia dan susah buang air besar karena pencernaan terganggu.

Vitamin B12
Peranan vitamin B12 bermanfaat bagi fungsi syaraf dan sel darah merah oleh karena itu vitamin ini penting untuk menjaga gejala kepikunan
Sumber Vitamin B12 kebanyakan dari hewan seperti daging , ikan , unggas , susu , mentega dan hati.Makan dari tumbuhan tidak mengndung Vitamin B12.
Kekurangan Vutamin B12 akan mempengaruhi fungsi syarap terganggu ( depesi mental, pikun ) , anemia , dan kurus kehilangan berat badan.Seperti tadi diketahui bahwa Vitamin B12 bisa mencegah kepikunan , ini bukan berarti mengkonsumsi vitamin B12 akan terasa penting untuk usia tua nanti saat menjelang pikun , tapi mengkonsumsi vitamin B12 harus dimulai dari usia muda , karena manfaatnya sama pentingnya . Malah orang yang sudah berusia tua unya resiko lebih parah mengalami kekurangan vitamin B12 karena banyak resiko keluhan penyakit gastristis yang banyak menimpa kaum tua ,ini menyebabkan kadar asam lambung meningkat sehinga,[penyerapan vitamin B12 oleh lambung menurun .Kekurangan vitamin B12 juga akan dialami terasa oleh para pelaku diet vegetarian yang tidak pernah memakan makanan yang berasal dari hewan ( daging , ayam , ikan dsb ).

Vitamin C ( Ascorbic Acid = Asam Askorbat)
Peranan vitamin C bermanfaat sangat penting untuk pembentukan kolagen , penyembuhan dan perbaikan jaringan tubuh , kesehatan tulang , gigi dan gusi , tak heran kalau vitamin C dijuluki "The Master Of Nutrient" ( Master gizi ).Vitamin C juga terlibat dalam sintesa hormon - normon steroid dan kholesterol.
Sumber Vitamin C terdapat pada sayuran berwarna hijau dan dan buah -buahan bewarna ( jeruk ,tomat , pepaya, apel dsb ) .
Konsumsi vitamin C cukup sekitar 60 mg atau setara dengan ebutir jeruk perhari, tetapi dengan kehidupan kita yang semakin beragam /komplek dari lingkungan sekitar kita timbulnya polusi asap rokok .asap kendaraan bermotor , asap dari cerobong pabrik dsb . Maka kebutuhan akan vitamin C harus ditambahkan dalam konsumsinya. Misalkan seorang perokok yang biasanya disertai minum kopi akan ada kecenderungan memboroskan Viamin C didalam tubuhnya, karena biasanya perokok dan disertai minum kopi akan menyebabkan kurang nya nafsu makan ( tidak merasa lapar ) , apalagi bisanya perokok sulit untuk mengkonsumsi sayuran dan buah - buahan hingga asupan Vitamin C nya akan berkurang . Kebiasaan marah pun bisa menguras atau menghilangkan banyak vitamin C dalam tubuhnya sekitar 2500mg atau kurang lebih 5 kg jeruk, maka karakter mudah marah akan kelihatan lebih cepat tua .
Pengguna suplemen vitamin Cdalam dosis besar seperti 500mg s/d 1000 mg diperlukan untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena vitamin C meropakan sumber anti oksidan .
Kandungan vitamin C akan berkurang/menjadi rusak pada bahan makanan apbila seperti berikut: kena panas, larut dalam air, adanya alkalis(soda) dalam proses pemasakan,bila pennyimpanan ada udaraterbuka/ ada cahayabisa mengalami perubahan, pengeringan bahan makanan.Saran yang dianjurkan dalam pemasakan sayuran dici dulu sebelum di potong potong kemudian berikan sesedikit mungkin air yang dicampurkan , tunggu air mendidih terlebih dahulu baru sayuran dimasukan cepat angkat tidak perlu lama dimasknya.Menambahkan jeruk nipis dan tomat dalam sayuran dapat menahan kerusakan vitamin C beberapa hari.
Kekurangan Vitamin C dalam tubuh dapat menimbulkan gejala : gusi berdarah , mudah luka dan sukar sembuhnya dan mudah kena insfeksi , tertahannya pertumbuhan bayi dan anak kecil . bentuk tulang tidak normal ( pada bayi dan anak kecil ) , kulit mudah mengelupas.

Vitamin A
Vitamin A dalam tumbuhan terdapat sebagai provitamin A yaitu senyawa karotin
Peranan Vitamin A sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan .
1. fungsi Vitamin A dalam proses melihat yaitu proses fotokimia dalam retina yang melibatkan vitamin A
terus menerus.terutama dibutuhkan pada keadaan cahaya redup
2. fungsi vitamin A ensensial dalam pertumbuhan tulang dan gigi berlangsung normal.
3. fungsi vitamin A untuk jaringan efitel , vitamin A mempertahankan jaringan jaringan efitel kulit
dalam kondisi maksimum untuk menahan invasi bakteri yang artinya melindungi melawan infeksi.


Sumber vitamin A dapat diperoleh dari hewan : minyak ikan , hati , mentega ,keju, susu, kuning telur
dari tumbuhan : sayuran hijau tua, kuning, jingga . buah- buahan berwarna kuning, jingga yang banyak mengandung pro vitamin A ( betakarotin ) . Efek dari pemanasan tidak perlu takut dengan pemanasan karena vitamin A atau betakarotin termasuk vitamin yang tahan akan panas, walau dimasak tetap kandungan vitamin a nya tetap tinggi tidak seperti vitamin C dan vitamin B. 


Akibat kekurangan Vitamin A bisa menimbulkan gejala sebagai berikut:
1. Mata tidak bisa melihat dalam keadaan cahaya redup (rabun senja)
2. Pertumbuhan tulang dan gigi tidak normal
3. Akan terjadi pengerasan pada jaringan efitel diseluruh tubuh sampai yang lebih parag akan tejadi
kulit akan mengalami pengerasan , kering dan bersisik .Jika terjadi perubahan efitel di mata , gejala
awal sensitif terhadap cahaya ,Jika berlangsung lama dan terus menerus , dimana kornea mata aka
mengalami kering , memutih , dan menglami infeksi. yang selanjutnya lebih parah lagi tahap terakhir
adalah kornea mata jadi lembut dan meluruh yang mengakibatkan kebutaan . 


Kelebihani vitamin A akan ditunjukan dengan gejala menyebabkan perubahan pada tulang dan persendian akan terasa sakit sakit , bengkak dibawah kulit dan gatal - gatal, atau kulit kering dan bercak bercak , rambut rontok , sakit kepala dan pembengkakan hati.

Vitamin D
Berperan dalam mengatur absorpsi ( penyerapan )kalsium dan Fosfat dari saluran pencernaan yang juga bisa mengatur kalsifikasi tulang dan gigi .
Sumber vitamin D terdapat dalam minyak ikan , susu yang diperkaya sterol2 yang dibutuhkan , berjemur disinar mata hari pagi. Dalam jumlah kecil terdapat dalam ikan salmon , mentega , hati , kuning telur dan sarden.
Kekurangan vitamin D akan menimbulkan penyakit : Racketis , pada anak- anak dengan gejala tulang menjadi lunak , pembearan sendi - sendi sambungan tulang , perubahan tulang dada ( depormitas ) , pertumbuhan gigi terlambat , kejang - kejang .


Kelebihan Vitamin D juga kurang baik misalnya yang paling berat akan terjadi pengapuran pada jaringan lunak seperti jantung, pembuluh paru-paru, lambung dan ginjal.
Sebetulnya orang indonesia karena berada didaerah khatulistiwa yang jumlah sinar mataharinya sangat maximal terutama di pagi hari apalagi jka musim kemarau seharusnya tidak perlu kekurangan vitamin D sebab jaringan lemak dalam tubuh ketika teekspos sinar matahari ( pagi hari ) akan mampu mengkonversikan vitamin D dalam tubuh menjadi kontributor vitamin D yang kita butuhkan .

Vitamin E

Dulu vitamin E hanya diketahui untuk awet muda karena melindungi dan menguatkan jaringan kulit dan membantu elastisitasnya.Tapi sekarang Peranannyalebih luas berfungsi sebagai zat anti oksidant dalam hal mengurangi terjadinya oksidasi Vitamin A , karotin , dan asam lemaktak jenuh , dalam hal kesuburan reproduksi.Contohnya yang berkaitan dengan kesehatan jantung , didalam tubuh kita mengaliir kholesterol jahat LDL ( LOW DENSITY LIPOPROTEIN )yang apabila teroksidai akan mudah menempel pada permukaan pembuluh darah arteri.Agar proses oksidasi tidak terjadi dan LDL tidak menjadi subatan di arteri , maka asupan vitamin E menjadi hal yang penting . Menurut Prof. Dr. Ir . Ali Khomsan ,M ( guru besar IPB ) . sebuah studi dari HARVARD UNIVERSITY pada sekitar 87000 orang yang membukyikan bahwa konsumsi vitamin E 100 - 250 IU( Internasional Unit menunjukan penurunan resiko penyakit jantung hingga 37 % yang kini melanda kaum muda.


Sumber Vitamin E berasal dari jaringan tumbuhan , misalkan golongan minyak tumbuhan ( minyak sawit , minyak jagung , minyak kedelai ) , kacang - kacangan , alpukat, dan sayuran hijau , margarin , susu, dan produk olahan , sedangkan makanan dari jaringan hewan miskin akan vitamin E.


Orang indonesia lebih memilih minyak kelaoa sawit karena harganya murah , sedangkan orang - orang dari negara maju ( Amerika Eropa )sudah anti pati terhadap minyak sawit mereka lebih memilih minyak kedelai atau minyak jagung , karena merek beranggapan minyak sawit mengandung lemak jenuh sangat tinggi, sedangkan minyak kedelai dan minyak jagung memiliki lemak tak jenuh sangat tinggi yang bisa menurunkan resiko penyakit jantung koroner.


Kekurangan Vitamin E, biasanya kekurangan vitamin E tidak begitu kelihatan gejalanya dan tidak dirasakan, padahal pada manusia aka terjadi anemia ringan dan pada hewan terjadi kemandulan
kelebihan vitamin E yang terlalu tinggi akan terjadi pusing , diare, dan akan terjadi penigkatan tekanan darah .

Vitamin K
Peranannya sangat brmanfaat dalam penggumpalan /pembekuan darah
Sumber vitamin K , Vitamin K1 terdapat dalam jaringan tumbuhan hijau , seperti teh hijau bayam brokoli,daun slada, kol . Vitamin K2 terdapat daalam bacteri
Kekurangan Vitamin K akan terjadi pembekuan darah yang cukup panjang

Pertanyaan yang timbul sekarang "APAKAH KITA PERLU MENGKONSUMSI VITAMIN -VITAMIN TERSEBUT DENGAN MENGKONSUMSI BERUPA SUPLEMEN"?


Jawabannya adalah sebenarnya kalau asupan makanan kita dalam kehidupan sehari -hari sudah memenuhi 4 sehat 5 sempurna dan sesuai dengan takaran gizi yang seimbang tidak berlebihan dalam sehari minimal 3 kali pun sudah cukup memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tidak perlu lagi penambahan suplemen.Kecuali kalau keadaan sedang sakit yang betul2 membutuhkan vitamin tersebut baru SUPLEMEN di berikan yang sesuai dosis yang diperlukan .

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Macam dan Fungsi Vitamin dalam kehidupan"

Poskan Komentar